Monday, April 03, 2006

Moment-moment kebahagiaan

Setiap manusia, memiliki moment-moment penting dalam hidupnya. Moment-moment tersebut bisa pada saat merayakan hari lahir kita, pada saat lulus kuiah, memperoleh pekerjaan, atau sekedar membahagiakan orang lain di sekitar kita. Meskipun hal tersebut amat kecil di mata orang lain, namun memiliki nilai tersendiri bagi kita. Namun, moment2 tersebut sejatinya bisa terjadi saat kita memperoleh suatu nikmat, maupun suatu musibah yang keduanya sebenarnya merupakan moment2 membahagiakan. Suatu moment dan pengalaman berharga yang tidak bisa dinilai dengan apapun juga.

Sejatinya, hidup itu berwarna. Kadang hitam, kadang putih, namun kadang bisa menjadi pink, atau biru. Hijau, jingga, ungu dll (mejikuhibiniu :)). Rosulullah bersabda dalam salah satu hadistnya :
“Tidaklah seseorang ditimpa sesuatu kemalangan, walaupun hanya tertusuk duri sekalipun melainkan Allah akan menghapus dosa2nya, sebagaimana daun2 yang berguguran” (HR .Bukhori-Muslim)

Dari hadist tersebut, kita bisa menarik suatu hikmah bahwa musibah juga merupakan moment2 membahagiakan, karena dengan itu Allah akan menghapus dosa2 kita. Subhanallah.. Maha Suci Allah yang maha kasih. Tak ada yang bisa melebihi rasa kasih, seperti Allah mengasihi hamba2Nya.

Saudaraku, di dalam kitabbullah pun Allah telah menyampaikan, “Karena sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (QS Alam Nasyrah 5-6).Dalam dua ayat tersebut Allah kembali mengingatkan kita akan kasih sayangNya. Sesungguhnya Allah selalu memperhatikan hambaNya, menyayangi mereka, dan menguatkan mereka ketika mereka lemah. Ia limpahkan anugerah kasih sayangNya tanpa batas, kecuali bagi orang-orang yang membatasi dirinya dengan Allah.

Subhanallah… disaat2 sulit pun Allah masih memperhatikan kita, Allah menjanjikan kemudahan bagi kita, meskipun terkadang kita tidak ridho atas segala ujian dariNya, dikarenakan keterbatasan akal kita, sehingga kita tidak bisa menarik makna mendalam atas musibah yang kita alami.

Semoga sebuah hadist berikut ini, bisa kembali menggugah hati-hati kita, yang terkadang terlalu penat dengan urusan dunia dan gemerlapnya yang melenakan kita dari mengingatNya. “Orang-orang mukmin itu menakjubkan, segala urusan amat baik baginya, ketika mendapat kesenangan ia bersyukur, ketika mendapat kesulitan ia bersabar” (HR Muslim).

Dan atas kekuasaanNya, kepadaNya lah seharusnya kita bergantung, kepadaNyalah kita berharap,kepadaNya kita meminta pertolongan. Semoga risalah ini bisa menjadi sarana penyejukbagi kita semua. Amin. Wallahua’lam bishowab.

Aku, disaat moment2 kebahagiaan :)

No comments: