Monday, January 08, 2007

Hikmah Mimpi Baik Sang Imam

Imam Hasan Al Bana menuturkan dalam memoarnya, "Dengan karunia-Nya, Allah menenangkan jiwa hamba. Dan apabila Ia menghendaki sesuatu, maka Ia menyiapkan segala faktor penunjangnya."

"Saya masih ingat suatu malam menjelang ujian Nahwu dan Sharaf (tata bahasa arab) untuk memasuki darul ulum. Saya mimpi menumpang sampan bersama sebagian ulama mulia.

"Seorang dari mereka berkata kepadaku, dimana buku Syarah Alfiah Ibnu 'Aqil?"

Saya menjawab "Ini."

Ia berkata, "Mari kita pelajari sebagian temanya. Bacalah halaman sekian dan sekian."

Saya pun membaca tema-tema yang ada di lembaran tersebut.

Pagi harinya, pertanyaan-pertanyaan yang keluar dalam ujian hampir semuanya sama dengan tema-tema yang saya baca dalam mimpi semalam. Ini merupakan kemudahan yang diberikan Allah.

Mimpi baik adalah kabar gembira yang diberikan Allah kepada hamba-hambaNya di dunia. Segala puji bagi Allah SWT.



Yang mencoba memaknai hikmah dari segala mimpi baik...

No comments: