Tuesday, January 02, 2007

Hikmah di balik Segelas Air

Ibnu Abi Al Dunya meriwayatkan dari sanad yang berasal dari Abdullah ibnu umar bahwa dia pernah meminum air dingin. Setelah minum, tiba-tiba ia menangis tersedu-sedu. Lantas dia bertanya, "Apa yang membuat anda menangis?" Dia menjawab, "Aku teringat dengan firman Allah

"Dan dihalangi antara mereka dengan apa yang mereka ingini." (Q.S Saba 34:54)


Dari Salam Ibnu Abu Muthi', dia berkata "Aku memberi Al Hasan segelas air untuk berbuka puasa. Ketika ia akan meminum air tersebut. Tiba-tiba ia menangis sambil berkata, "Aku mengingat rintihan penghuni neraka yang disebutkan dalam firman Allah ta 'ala "Dan penghuni neraka menyeru kepada penghuni syurga, 'limpahkanlah kepada kami sedikit air atau makanan yang telah dirizkikan Allah kepadamu.' "Dan aku juga teringat atas jawaban yang diberikan kepada mereka, 'mereka penghuni surga menjawab',

"Sesungguhnya Allah telah mengharamkan keduanya itu atas orang-orang kafir." (Q.S Al A'raaf 7:50)


Dari abdul malikIbnu Marwan, bahwa ia meminum air dingin lantas menangis. Ketika ditanya apa yang membuat ia menangis tanpa alasan yang jelas. Dia menjawab, "Aku ingat betapa hausnya penghuni neraka pada hari kiamat nanti. Aku juga teringat bahwa di dalam neraka tidak ada sama sekali minuman yang segar." Kemudian ia membaca ayat berikut.

"Diminumnya air nanah itu dan hampir ia tak bisa menelannya." (Q.S Ibrahim 14:17)


Sekedar perenungan di awal tahun 2007

No comments: